PGSD UNIVERSITAS BENGKULU
<script type="text/javascript"><!--
google_ad_client = "ca-pub-6796049996483896";
/* http://www.flixya.com/photo/2339802/The-Top-Indonesian-Girls-2011 */
google_ad_slot = "5995639256";
google_ad_width = 728;
google_ad_height = 90;
//-->
</script>
<script type="text/javascript"
src="http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/show_ads.js">
</script>
google_ad_client = "ca-pub-6796049996483896";
/* http://www.flixya.com/photo/2339802/The-Top-Indonesian-Girls-2011 */
google_ad_slot = "5995639256";
google_ad_width = 728;
google_ad_height = 90;
//-->
</script>
<script type="text/javascript"
src="http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/show_ads.js">
</script>
A. PENDAHULUAN
Dalam upaya meningkatkan hasil pembelajaran IPA yang maksimal, para praktisi pendidikan IPA telah banyak memperkenalkan dan menerapkan berbagai metode dan pendekatan mengajar yang diramu dalam suatu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPA. Dari beberapa model pembelajaran yang dikemukakan pakar pendidikan IPA, dapat dilihat bahwa pemilihan dan penerapan strategi pembelajaran yang digunakan mengalami pergeseran dari yang mengutamakan pemberian informasi (pemberian konsep-konsep IPA) menuju kepada strategi yang mengutamakan keterampilan-keterampilan berpikir yang digunakan untuk memperoleh dan menggunakan konsep-konsep IPA. Adanya pergeseran pemilihan strategi ini otomatis peran guru di kelas berubah, yaitu dari peran yang hanya sebagai penyampai bahan pelajaran (transformator) ke peran sebagai fasilitator atau dari teacher centered ke student centered. Pergeseran penekanan peran guru-siswa dalam proses pembelajaran ini tidak lepas dari tanggung jawab guru yang harus memperhatikan aspek-aspek pendidikan, yaitu di antaranya meningkatkan perkembangan kepribadian siswa secara keseluruhan.
Fakta di lapangan menunjukkan fenomena yang sebaliknya, yaitu proses pembelajaran IPA masih berorientasi pada teacher centered yaitu guru masih menekankan pada peran sebagai penyampai materi pelajaran (pengajar) daripada pendidik. Untuk membantu guru-guru IPA di lapangan dalam melaksanakan tugasnya menuju pada arah pembelajaran IPA yang berorientasi pada student centered, PPPG IPA melalui DIKLAT-DIKLAT Instruktur guru IPA mencoba menawarkan bentuk-bentuk/model-model pembelajaran IPA yang berorientasi pada student centered yang dilandasi teori belajar kognitif dan yang sekarang sedang banyak dibicarakan yaitu pandangan konstruktivisme.
Makalah ini berisi uraian mengenai model-model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPA, tokoh yang mengemukakannya, serta tujuan penggunaannya.
A. TERMINOLOGI
1. Pembelajaran
Di dalam makalah ini pembelajaran diartikan sebagai proses belajar mengajar. Dalam konteks pembelajaran terdapat dua komponen penting, yaitu guru dan siswa yang saling berinteraksi. Dengan demikian, dalam makalah ini, pembelajaran didefinisikan sebagai pengorganisasian atau penciptaan atau pengaturan suatu kondisi lingkungan yang sebaik-baiknya yang memungkinkan terjadinya belajar pada siswa.
2. Model pembelajaran
Model pembelajaran dalam makalah ini diartikan sebagai suatu rencana mengajar yang memperlihatkan pola pembelajaran tertentu, dalam pola tersebut dapat terlihat kegiatan guru-siswa di dalam mewujudkan kondisi belajar atau sistem lingkungan yang menyebabkan terjadinya belajar pada siswa. Di dalam pola pembelajaran yang dimaksud l terdapat karakteristik berupa rentetan atau tahapan perbuatan/kegiatan guru-siswa atau dikenal dengan istilah sintak dalam peristiwa pembelajaran. Secara implisit di balik tahapan pembelajaran tersebut terdapat rasional yang membedakan antara model pembelajaran yang satu dengan model pembelajaran yang lainnya.
<script type="text/javascript"><!--
google_ad_client = "ca-pub-6796049996483896";
/* maizon */
google_ad_slot = "9845928463";
google_ad_width = 728;
google_ad_height = 90;
//-->
</script>
<script type="text/javascript"
src="http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/show_ads.js">
</script>
<script type="text/javascript"><!--
google_ad_client = "ca-pub-6796049996483896";
/* maizon */
google_ad_slot = "9845928463";
google_ad_width = 728;
google_ad_height = 90;
//-->
</script>
<script type="text/javascript"
src="http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/show_ads.js">
</script>
coba minta co ntoh lain
ReplyDeletemau yang mana ???
ReplyDelete